Press "Enter" to skip to content

Kelola Limbah Laboratorium Kimia Dengan IPAL Laboratorium

Kegiatan dari laboratorium kimia tentu tidak jauh-jauh dari aktivitas yang menghasilkan limbah laboratorium kimia. Bahkan intensitas limbah dihasilkan setiap hari dengan volume yang besar. Jika dikumpulkan per tahun mungkin menghasilkan ribuan kubik air limbah. Sehingga, pemerintah sangat menyarankan untuk menggunakan IPAL Laboratorium karena terbukti efektif mengelola limbah.

Instalasi Pengolahan Air Limbah alias IPAL merupakan syarat wajib dipenuhi dari berjalannya aktifitas Laboratorium yang pastinya mengashasilkan limbah laboratorium kimia ini. Pasalnya, kandungan kimia dari limbah dihasilkan sangat tinggi dan berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan parah. Apabila dibuang ke sungai tanpa dikelola positif merusak ekosistem untuk jangka panjang.

Apa itu IPAL?

Bagi beberapa orang awam masih ada yang bertanya-tanya mengenai IPAL. Mungkin belum terlalu familiar tetapi manfaatnya sangat berpengaruh bagi hidup manusia. IPAL merupakan sistem pengelolaan air limbah yang dibangun untuk menguraikan limbah.

Fungsi IPAL sangat banyak, terutama memisahkan limbah melalui proses kimia, fisika, dan akhirnya proses biologi. Pemasangan IPAL cukup sekali saja karena dapat bertahan lebih dari 10 tahun asalkan dilakukan perawatan yang tepat.

IPAL memiliki banyak jenis yakni IPAL Komunal, IPAL Rumah Sakit, IPAL Laboratorium, IPAL Pabrik, IPAL Hotel, dan lainnya. Hingga saat ini belum ada yang menandingin keefektifan IPAL untuk mengolah limbah sampai aman dibuang ke lingkungan.

Pemerintah Indonesia sendiri sangat menganjurkan pemasangan IPAL pada laboratorium kimia. Sehingga, hasil pembuangan dari aktifitas laboratorium yang mengandung kimia dapat memenuhi standar baku yang ditetapkan.

IPAL membiliki sistem tersendiri yang dirancang secara khusus aman untuk mengolah limbah kimia. Hasil akhirnya diharapkan konsentrasi kimia dalam air limbah menjadi netral dan selanjutnya dibuang sesuai standar keamanan.

IPAL Laboratorium memuat sistem tata kelola limbah lebih spesifik dan terstruktur. Jadi, tidak hanya berguna untuk mengolah limbah medis tetapi juga limbah kimia dan organik. 

Bahaya Membuang Limbah Laboratorium Kimia Tanpa Pengolahan

Membuang limbah dari laboratorium tanpa penanganan tepat akan membahayakan makhluk hidup dan lingkungan sekitar. Umumnya setiap limbah memiliki tingkat pembuangan yang berbahaya. Disinilah peran dari IPAL Laboratorium dibutuhkan untuk memperkecil efek samping dari dampak negatif limbah laboratorium.

Bahaya mengancam didepan mata saat laboratorium kimia dibangun tanpa adanya sistem IPAL. Sebagai manusia harusnya Anda tahu betapa berbahaya membuang limbah ke alam bebas tanpa dikelola dahulu. Seperti ulasan berikut ini tentang bahaya membuang limbah, antara lain.

  1. Air limbah laboratorium memiliki konsentrasi berbagai bahan kimia yang berbahaya. Dari sini sudah tampak resiko perusakan lingkungan dan kepunahan makhluk hidup akibat pembuangan limbah. Idealnya limbah laboratorium melalui proses pengolahan terlebih dahulu agar bersahabat dengan lingkungan. Sehingga, ketika dibuang akan meminimalisir pencemaran dan polusi lingkungan.
  2. Air limbah jika tidak melewati proses pengolahan tepat sangat potensi besar mencemari kualitas air. Ironisnya air yang berasal dari sungai maupun sumber mata air lain menjadi tidak layak konsumsi.
  3. Air limbah laboratorium juga tidak aman bagi makhluk hidup yang habitatnya berada dalam air. Contoh nyatanya banyak ikan-ikan disungai mati karena habitat air sungai dicemari limbah pabrik.

IPAL Laboratorium Kimia

Kehadiran IPAL Laboratorium membawa optimisme baru dalam persoalan penanganan limbah. Keampuhannya sudah diakui mampu menetralkan limbah melalui proses kimiawi, fisika, dan terakhir secara biologi.

Salah satu alasan IPAL menjadi solusi tepat karena dibekali sistem biofilter Biona Plus. Sehingga tidak mengherankan limbah buangan laboratorium menjadi minim efek samping. Proses pengolahan limbah menjadi lebih optimal dan ketika dioperasikan terjamin keamanannya.

Ada komponen reaktor yang membuat kinerja dan perawatan menjadi praktis. Biofilter Biona Plus memanfaatkan mikroorganisme dan bakteri untuk menguraikan polutan. Sekaligus bekerja untuk menetralisir melalui reaktor biofilter An aerob. 

Proses pengoperasian akhirnya berlangsung secara alamiah. Fenomena inilah yang membuat IPAL Laboratorium memenuhi batas standar mutu pembuangan limbah berbahaya. 

Baca juga: Teknologi Gadget Terkini yang Harus Diketahui Netizen

Manfaat IPAL Laboratorium Untuk Atasi Limbah Laboratorium Kimia

Pahami juga berbagai manfaat dari sistem pengolahan limbah dari Laboratorium. Apabila dilihat secara holistik, dibawah ini merupakan beragam manfaat dari pemasangan IPAL.

1. Limbah Ramah Lingkungan 

Tahukah Anda setelah IPAL dipasangkan akan membantu menjaga lingkungan dari limbah berbahan kimia. Terutama memproses dengan sangat ketat dan akhirnya dapat dikategorikan ramah lingkungan. 

2. Tidak Menimbulkan Efek Samping

Menggunakan IPAL yang dibekali sistem biofilter anaerob-aerob tidak menciptakan efek samping. Misalnya pencemaran udara, tanah, dan estetika dapat dihindari. Sementara makhluk hidup disekitarnya tidak akan terkena imbas saat limbah tersebut diproses netralisir oleh sistem.

3. Perawatan Mudah dan Murah

Kelebihan dari IPAL ini ditinjau dari segi perawatannya yang praktis dan tidak memerlukan biaya besar. Jadi pihak perusahaan dan laboratorium tidak menjadi kewalahan untuk memenuhi budget. 

4. Hemat Lahan

IPAL dengan sistem reaktor Biona Plus yang lengkap juga minim penggunaan lahan. Bahkan, tidak memerlukan area yang luas untuk pembangunannya. Dari sinilah keselamatan lingkungan lebih terkontrol.

5. Kinerja Efektif

Adapun kinerja IPAL dinilai paling efektif mengelola beragam limbah cair dengan campuran banyak komposisi. Sejalan dengan itu juga didukung dari kapasitas penampungan yang cukup besar. Keefektifan kinerja juga dinilai dari metode penghilangan padatan tersuspensi dengan baik dan maksimal.

Jasa Kontraktor IPAL Toyota Arta Sejahtera

Pembangunan IPAL Laboratorium bukan hal mudah. Pasalnya harus ditangani oleh para ahlinya. Oleh karenanya eksistensi Toya Arta Sejahtera akan menjadi solusi dari masalah Anda. 

Toya Arta Sejahterah adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan dan kontraktor untuk pembuatan IPAL, STP, WTP, WWTP. Umumnya melayani pembangunan IPAL Komunal, IPAL Rumah Sakit, IPAL Industri, IPAL Hotel dan Supplier Chemical IPAL. 

Sudah berpengalaman dalam pembangunan IPAL bagi proyek besar, menengah, dan kecil. Mengenai informasi selengkapnya dapat diperoleh dari website resmi Toya Arta Sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *